See the World Deforestation Clock at http://www.cifor.org/defclock.

Selasa, 23 Agustus 2011

Apa itu Pohon Sehat?

Suatu tanaman dikatakan sehat apabila tanaman itu tidak dirugikan oleh suatu faktor atau penyebab yang ikut campur tangan terhadap aktivitas dari sel-sel atau organ-organ tanaman yang normal, yang dampaknya terjadi penyimpangan dan merugikan pada tanaman tersebut. Tanaman sehat adalah identik dengan tanaman yang tidak terserang hama/penyakit. Didalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.03/MENHUT-V/2004 Bagian Kelima tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan, tanaman dinyatakan sehat  tanaman apabila tanaman tersebut memiliki pertumbuhan baik (daun dan batang segar), batang lurus, tajuk lebat dan tidak terserang hama dan penyakit.
Apakah pohon seperti ini yang disebut pohon sehat?
Agrios (1969) mendefinisikan tanaman sehat atau normal sebagai “A plant is healthy or normal when it can carry out its physiological function to the best of its genetic potential. These function include normal cell division, differentiaton and development: absorbtion of water and minerals from the soil and translocation of these throught the plant; photosynthetic product to areas of utilization or storage; metabolism of synthesized compound; reproduction; and storage of food supplier for overwintering or reproduction”.
Dari beberapa definisi diatas dapat diketahui bahwa secara umum pohon yang sehat dapat didefinisikan sebagai pohon yang dapat menjalankan fungsi fisiologisnya dengan baik karena tidak terganggu oleh jasad pengganggu dan dalam kondisi lingkungan yang sesuai sehingga menghasilkan tanaman yang tumbuh normal dan genetik yang baik, sehingga berdampak pada tidak turunnya nilai ekonomi dari tanaman tersebut.
Secara umum kita berpandangan bahwa pohon yang sehat adalah pohon yang tidak sakit. Dari sudut pandang tanaman, sakit itu adalah efek dari gangguan-gangguan yang dapat saja disebabkan oleh serangga ataupun jasad pengganggu lainnya, dan gejala/tanda yang ditimbulkan sering memiliki ciri yang sama atau serupa. Oleh karena itu, pohon yang sehat adalah pohon dengan kondisi tanaman yang tidak menunjukkan gejala/tanda pohon itu sakit.
            Gejala dan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa tanaman itu sakit adalah sebagai berikut:
A.    Gejala Utama (Main Symptoms)
-             Pertumbuhan yang tidak normal, dapat melebihi ukuran normal atau lebih kecil dari ukuran normal
-             Perubahan warna, baik pada daun, batang, akar, buah, bunga.
-             Matinya jaringan, bagian-bagian tanaman menjadi mengering
-             Layunya bagian dari tubuh tanaman
B.     Tanda-tanda (Signs)
Kelainan atau tanda-tanda dapat berupa benda-benda ataupun zat dari alat-alat tubuh dan alat pembiakan dari patogen penyebabnya, terdapat di bagian tanaman atau tampak dari luar.
C.     Gejala Lapangan (Field Symptoms)
-          Layunya tanaman secara keseluruhan
-          Nekrosis (matinya jaringan)
-          Perforasi (berlubang)-nya daun
-          Gall (bengkak) atau bintil dan bisul
-          Kanker
-          Bercak daun
-          Busuk basah, berair dan busuknya jaringan
-          Busuk kering, busuknya jaringan tetapi kering
-          Malformation (perubahan bentuk)
-          Oedeem, batang mengalami pembengkakan
-          Mummifikasi, kondisi seperti mumi, rapuh dan kering
-          Daun mengeriting atau bergelombang
-          Erinose, keluarnya cairan dari kulit batang
-          Hexeem bezem, cabang-cabang tak berkembang dan pendek seperti sapu
-          Kerdil
Dalam kondisi-kondisi tertentu, pohon yang sehat pun dapat ditandai dengan adanya gangguan hama yang tidak menyerang secara besar-besaran (menyebabkan kerugian ekonomi). Hal itu terjadi terutama apabila pemanfaatan hasil dari pohon, khususnya berupa buah, dilakukan. Contohnya pada pohon alpukat, pada musim-musim tertentu akan timbul banyak sekali hama dalam bentuk ulat yang menutupi hampir seluruh bagian pohon (terutama daun). Ulat-ulat yang berada pada pohon tersebut sangat berpengaruh terhadap akan dihasilkan atau tidaknya buah alpukat tersebut. Oleh karena itu, pada kasus ini justru pohon yang terkena hama ulat lah yang dianggap pohon sehat karena akan dapat menghasilkan tujuannya, yaitu produksi buah.


0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites